1.
Pengertian FORM
Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail. Salah satu interface yang disediakan oleh microsoft untuk mempercantik tampilan microsoft Access adalah dengan menggunakan Form.
Berikut ini Langkah-Langkah dalam
Membuat Form, Tombol Button, Report
Wizard, dan Query Wizard.
LANGKAH
1
: Buka Microsoft Access 2007, kemudian
Pilih Blank Database lalu klik Create Seperti pada Gambar di bawah ini
:
LANGKAH
2 : Pada Menu Datasheet
Pilih View dan kemudian Klik Design View. maka akan muncul tampilan
layar seperti pada gambar di bawah ini :
LANGKAH
3
: Setelah langkah Kedua di kerjakan, Maka tutup tabel1 untuk membuat tabel yang
baru dengan cara mengklik Kanan pada Table1 lalu pilih Close.
LANGKAH
4 : Untuk membuat
tabel baru maka Pilih menu Create
setelah itu pilih Table Design.
LANGKAH
5 : Setelah Tabel
terbuka maka buatlah daftar Field Name yang ingin di kerjakan.Untuk lebih
jelasnya,lihat pada contoh di bawah ini.
LANGKAH
6 : Untuk Tanggal
Lahir Data type di ganti dengan Date/Time sedangkan Jenis
Kelamin,Pendidikan,Pekerjaan,dan Agama di ganti dengan Lookup Wizard.Untuk yang lainnya Data Type tidak perlu diubah, tetap menggunakan Text.
LANGKAH
7 : Setelah
memilih Lookup Wizard maka akan muncul tampilan layar seperti di bawah ini. Jadi
yang harus dilakukan adalah pilih pilihan bagian bawah yang telah diberi tanda kemudian
klik Next.
LANGKAH
8 : Langkah
berikutnya yaitu pilihan Jenis Kelamin misal untuk Jenis Kelamin maka di
masukkan pilihan Laki-laki dan Perempuan,lalu klik Next.
LANGKAH 9 : Berilah
Judul sesuai yang di inginkan atau yang diperintahkan,kemudian Klik
Finish.Begitupun untuk Pendidikan,Pekerjaan,dan Agama lakukan hal yang sama
seperti langkah-langkah Jenis Kelamin sebelumnya.
LANGKAH
10 : Untuk mengisi Field-Field
yang telah dibuat maka pilih Design - View
– Datasheet View seperti pada gambar di bawah ini.
LANGKAH
11 : Tetapi sebelum itu akan muncul kotak dialog Save As untuk menyimpan dan mengganti nama
tabel.Maka kita mengganti nama tabel dengan Identitas Pasien,lalu klik OK.
LANGKAH
12 : Setelah nama kotak dialog telah diubah dan telah
tersimpan maka muncul tampilan layar seperti berikut.Masukkanlah data pada
Field-Field tersebut seperti pada gambar di bawah ini.
LANGKAH 13 : Setelah data-data telah dimasukkan maka pilih menu Create – Form. Maka akan muncul form seperti pada gambar.Untuk melihat semua data-data yang di buat,Klik bagian Pojok kiri yang telah di Lingkari pada gambar di bawah ini.
2.
LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT TOMBOL BUTTON
LANGKAH 1 : Untuk melanjutkan membuat tombol Button maka yang harus dilakukan Klik Design – Button maka kotak perintah akan muncul seperti pada gambar.Lalu pilih Next..!!.
LANGKAH
2 : Di
kotak Command Buton Wizard pilih jenis Picture
untuk tombol Button dan Pilih Browse
apabila ingin merubah Picture.
LANGKAH
3 : Masukkan Judul Button dan Klik Finish seperti pada gambar di bawah
ini.
ini.
LANGKAH
4 : Maka
akan muncul tombol Button seperti pada gambar yang telah di Lingkari.
LANGKAH
5 : Inilah
tampilan Form dengan menggunakan Tombol
Button.
3. LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT REPORT WIZARD
1.
Pengertian Report
Report merupakan salah satu fungsi
pada Microsoft Access yang berguna untuk membantu kita membuat laporan mengenai
data–data yang ada dalam database kita. Sebagai contoh, kita dapat menggunakan
report untuk membuat laporan transaksi pada sebuah toko (pembelian dan
penjualan), laporan data pegawai sebuah perusahaan, laporan stock dan status
barang pada suatu gudang, dan lain – lain. Pada tutorial kali ini kita
akan membuat report dengan wizard.
Berikut
Langkah-Langkahnya :
LANGKAH 1 : Untuk membuat Report
Wizard dengan cara Klik Report Wizard
pada menu Create seperti pada gambar di bawah ini.
LANGKAH
2 : Setelah mengklik
Report Wizard maka akan muncul kotak dan kita memilih yang telah dilingkari
seperti gambar di bawah apabila ingin memindahkan semua field yang ada.Lalu
klik Next..
LANGKAH
3 : Apabila Seluruh Field telah terpilih semua,maka field
akan berpindah ke arah kanan seperti pada gambar di bawah ini.
LANGKAH
4 : Ikuti
perintah selanjutnya dengan mengklik Next..
LANGKAH 5 :
Untuk model report yang akan di
tampilkan ada bermacam-macam pilihan yang ada. Kita memilih Layout Columnar dengan cara mengklik columnar
dan Klik Next..
LANGKAH
6: Kotak
selanjutnya kita pilih Module
seperti pada gambar.
LANGKAH 7 : Lalu akan muncul
kotak perintah untuk memberi judul pada report setelah itu mengklik Modify the Report’s design dan Finish.
LANGKAH 8 : Maka muncullah
tabel design untuk memodifikasi Report Wizard dan buatlah model tabel sesuai
yang diinginkan.
LANGKAH 9 : Setelah
memodifikasi tampilkan Report Wizard yang telah di buat seperti pada gambar.
4. LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT QUERY
WIZARD
1.
Pengertian
Query
Query adalah semacam kemampuan
untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari table-tabel
yang ada di database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai
dengan yang kita inginkan. data apa yang ingin kita tampilkan.
misal : data peminjam dengan buku yang dipinjam, maka nanti akan mengambil data dari table peminjam dan tabel buku.
misal : data peminjam dengan buku yang dipinjam, maka nanti akan mengambil data dari table peminjam dan tabel buku.
Berikut
Langkah-Langkahnya :
LANGKAH
1 : Pilih
Query Wizard pada menu Create,maka akan muncul kotak dan
mengklik Pilihan Simple Query Wizard.
LANGKAH
2 : Setelah
itu,sama dengan Report Wizard sebelumnya kita memindahkan semua Field ke kanan
dengan cara mengklik tanda yang telah dilingkari pada gambar di bawah ini.
LANGKAH
3 : Maka
semua Field yang telah dipilih akan berpindah ke bagian kanan seperti pada
gambar dan klik Next.
LANGKAH
4 : Ganti
nama Query dengan Identitas Pasien Query dan pilih Modify the Query design dan klik Finish.
LANGKAH
5 : Maka
akan muncul tampilan kerja baru. Untuk
pilihan Criteria ketiklah “Masukkan Nomor Rekam Medis” seperti
pada gambar.Lalu klik Run.
LANGKAH
6 : Apabila
langkah-langkah yang dilakukan sudah benar, maka akan muncul Kotak perintah
untuk memasukkan nomor rekam medis.
LANGKAH
7 : Setelah
Nomor Rekam Medis dimasukkan, maka akan muncul Data-Data dari Nomor Rekam Medis
yang dimasukkan tadi.Tampilan akan seperti pada gambar dibawah ini.
Itulah Langkah-Langkah untuk Membuat
Form,Tombol Button,Report Wizard,dan Query Wizard.Semoga Bermanfaat..!!
Nice Info...
BalasHapushttp://webartikelinformasi.blogspot.co.id/
terimakasih bermanfaat
BalasHapusTerima kasih sharingnya...saya jadi terbantu.
BalasHapuskalo yang auto enggakbisa edit sendiri, ada yang manual apa enggak?
BalasHapuskalo untuk find agar kita ketik kode berapa kita klik find langsung muncul attributnya gimana ya
BalasHapusJSTOR, LLC. Company Profile - Hotel, Travel, NV
BalasHapusFind company research, competitor 대구광역 출장안마 information, 구미 출장마사지 contact details 서울특별 출장마사지 & financial 하남 출장마사지 data for JSTOR, LLC of Henderson, NV. Learn 서울특별 출장안마 more about their business,